Mengapa Harus Satu Juz Perhari

[Mengapa Harus Satu Juz Perhari] Jaminan dan Anugerah bagi Mereka yang Istiqomah

Mengapa Harus Satu Juz Perhari, Karena Allah di dalam Al-Qur’an telah memberikan Jaminan dan Anugerah bagi Mereka yang Mengaji, mengkaji dan mengamalkan Al-Qur’an. Berikut Janji Allah,

Mengapa Harus Satu Juz Perhari

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.” (Qur’an Surah Faathir ayat 29)

Al-Qur’an adalah sebuah Kitab yang luar biasa dan merupakan mukjizat terbesar yang pernah diturunkan kepada Umat Manusia. Didalam Al-Qur’an terdapat samudera Hikman dan Pelajaran serta Kebajikan untuk seluruh Umat Manusia. Yang jadi pertanyaan mengapa harus Satu Juz perhari?

Pada zaman ini tidak ada yang memungkiri bahwa Kehidupan kita semua ini hanya sebuah urutan perjalan pendek menuju perjalan panjang, kecuali mereka yang tidak kenal tuhan (baca: Atheis). Lalu secara logika pasti harus berfikir, bukankah dalam perjalanan kita semua butuh bekal?

[BACA JUGA] : KISAH SURGA DITELAPAK KAKI NENEK DALAM MERAWAT 3 CUCU DITENGAH HUTAN

Allah maha Adil, ketika menempatkan Manusia dalam sebuah perjalanan dari kampung halaman (sebut: surga), kemudian dimasukan kedalam Dunia sebagai Ujian, pasti Dia akan memberikan bagaimana caranya kita semua bisa kembali ke kampung halaman kita kelak? Jawabannya Allah menurunkan Al-Qur’an sebagai Bekal (Tazwid) dalam perjalanan manusia di Dunia yang selalu digoda oleh Syaitan.

Lalu bagaimana seseorang tersebut bisa tidak membaca, mempelajari dan mengamalkan Al – Qur’an padahal Impiannya kembali ke Syurga. Tanpa menjadikan Al-Qur’an sebagai bekal maka seseorang akan berjalan tanpa persiapan. Jika tanpa persiapan maka bagaimana mencari jalan keluar ketika mereka bertemu kesulitan dari perjalanan dunia yang melelahkan ini.

Kembali kepada Bahasan Utama mengapa Harus satu Juz perhari?

Satu Juz perhari ternyata dapat menbangkitkan Ubudiyah kepada Allah, memberikan kedisiplinan dan menambah wawasan kebenaran dan kesalahan (Haq & Batil). Apalagi bagi mereka yang mengemban amanah untuk menegakan Islam dibumi Allah,dimulai dari keluarga, bertetangga dan bernegara, maka Ayat-ayat Al-Qur’an merupakan bagian Bata-bata kokoh dalam bangunan Islam.

“Hendaklah anda memiliki wirid harian membaca Al-qur’an minimal satu juz dan berusahalah sungguh-sungguh agar jangan sampai mengkhatamkannya melewati waktu satu bulan.” (Hasan Al-Banna)

Mengapa Harus Satu Juz Perhari Gambar1

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *